Di saat
Anda seru-serunya menonton program TV favorit, tiba-tiba terpotong oleh iklan.
Bagaimana perasaan Anda? Mungkin ada yang sebel,
atau bahkan mungkin biasa saja. Keberadaan iklan TV adakalanya membuat penonton
sebal apalagi durasi iklan-nya cukup lama. Rasanya berjam-jam di depan layar TV
hanya mantengin sederatan iklan yang
berulang-ulang. Membuang-buang waktu produktif yang ada gak sih?
Tetapi,
pernahkah terlintas dalam diri Anda sesekali tertarik dengan tayangan iklan?
Ya, ada iklan yang mungkin pernah menarik minat Anda, bukan lantaran kita memang
membutuhkan produk yang ditawarkan, bukan juga karena model artisnya yang
menawan, melainkan karena persembahan iklannya yang wow. Pernah? Saya pernah.
Belakangan hari saya terkesan dengan beberapa iklan yang menurut saya kreatif
dan inspiratif.
Pertama, iklan S26 Procal Gold Multiexcel, susu formula untuk anak. Saya terkesan
dengan iklan ini karena kata-katanya. Amat inspiratif! Beginilah cuplikan
kata-katanya:
Beda anak beda pintarDukung proses belajarnyaDan berikan nutrisi terbaikMereka bisa menjadi yang terbaikApa pun kemampuan belajarnyaJadikan pintarnya bersinar
Menurut
saya, kata-kata tersebut benar sekali. Kata-kata tersebut memberi inspirasi
yang menggugah kepada para orangtua untuk memahami bahwa setiapa anak punyak
keunikan, kespesialan masing-masing. Mereka mempunyai kecerdasan unggulnya
masing-masing. Sebagai orang tua, yang harus dilakukan adalah mendukung selalu proses
belajarnya untuk membimbing mereka menjadi yang terbaik apapun kemampuan belajarnya.
Mereka mempunyai hak bersinar dengan prestasi mereka masing-masing. Kekuatan
kata dalam iklan tersebut didukung kuat dengan tampilan gambar per gambar. Ada
anak yang mempunyai kecerdasan Body Smart,
ada anak yang mempunyai kecerdasan Number Smart, dan ada anak yang mempunyai kecerdasan Music Smart. Semua itu tidak bisa disama-ratakan, tetapi dimaknai dengan
keunggulan masing-masing anak yang patut untuk didukung oleh para orang tua.
Sungguh tampilan iklan yang cerdas, bukan? Tidak sekedar promosi persuasif,
tetapi inspiratif!
Kedua, iklan Open Up with Oreo versi Selancar Penuh Imajinasi. Sebelumnya
saya juga suka dengan iklan Oreo yang menampilakan animasi yang kesannya memang
pas untuk anak-anak. Dan kali ini, penampilan kartunnya juga kesan anak-anaknya
mengena. Hal ini bisa dipahami bahwa target konsumen terbesar Oreo adalah
anak-anak sehingga pemilihan gambar iklan berupa kartun sangatlah mengena. Hal
yang paling menarik adalah kata-kata yang digunakan dalam jingle-nya. Inspiratif
untuk anak-anak. Berikut cuplikan kata-katanya:
Ingatkah kita saat kecil duluTak pernah berhenti selalu bemimpiEverybody let’s go, Oreo!Open up with oreoTunjukkan ke semua luasnya imajinasiKita terlahir ‘ntuk lihat indahnya duniaOpen up, Open up with Oreo
Melihat
tampilan gambar pertama dari iklan ini, kita akan semakin memahami makna lagu
iklan ini. Memang benar ya, saat kecil anak-anak punya banyak imajinasi yang
mereka tunjukkan dengan bagaimana mereka bermain, atau apa yang sering mereka
mainkan. Bahkan kita bisa tahu sendiri bagaimana cepatnya anak-anak mengingat
lalu menirukan apapun yang pernah mereka lihat atau dengar. Hal itu bisa saya
rasakan saat saya kecil dulu seperti itu dan juga apa yang saya perhatikan pada
anak-anak di sekitar saya ketika mereka bermain, baik sendiri maupun bersama
teman-temannya. Sebagai contoh, saya dulu suka bermain bongkar pasang,
boneka-bonekaan dari kertas. Saya sering memainkan cerita yang setiap kali bermain
di hari berbeda, ide ceritanya juga akan berbeda, karakter tokoh yang saya
gunakan juga berbeda. Kalau melihat sekarang, saya sering melihat anak-anak
tidak bisa diam dan tak kenal lelah bermain apa saja di luar rumah, seperti
bermain jual-jualan rujak dengan tanah bercampur air sebagai bumbunya, dedaunan
sebagai sayur-sayurannya. Atau mereka membuat ubi bakar dengan memanfaatkan
daun-daun pohon mangga yang gugur dan kering. Ada-ada saja pokoknya permainan
mereka. Mereka bereksplorasi dengan rasa ingin tahunya melalui mencoba.
Menjelajah setiap imajinasi yang melintas dalam benak mereka. Open up! Mari
kita buka luasnya imajinasi! Namun, seiring berjalannya waktu, imajinasi
kreatif mereka teralihkan dengan membudayanya gadget di tangan mereka. Mereka tak lagi sering bermain, berkumpul
bersama, melainkan asyik dengan media sosial. Tak lagi peka merespon orang di
dekat mereka secara nyata, melainkan asyik merespon apa yang terjadi di dunia
maya. Benar-benar iklan yang mengena untuk dunia anak-anak, kan?
Ketiga, iklan Beasiswa Djarum Bulutangkis 2016, Bakti Pada Negeri.
Saya terkesan dengan alunan dan lirik lagunya. Menggugah banget! Berikut
cuplikan lirik lagunya:
Di sini rumah kitaYang terindah di duniaTanah para juaraNegeri IndonesiaWujudkan cita-citaDengan janji aku bertekad selamanyaKita adalah sayap-sayap Sang GarudaDi atas samudra di langit khatulistiwaGantungkan namamu sampi ke ujung duniaCeritakan semua hebatnya pada merekaIni IndonesiaNegeri yang kucintaSerukan namanya di langit dunia
Akan
jauh greget kalau kita mendengar langsung lagunya. Tiada kata lagi selain kata
WOW untuk iklan ini! Apalagi aku suka pengambilan gambar ekspresi semangat
menggebu salah seorang anak dalam iklan tersebut. Ini dia:
Siapa
pun yang berada di balik layar pembuatan iklan-iklan tersebut di atas patut diapresiasi
dan diacungi jempol. Menurut saya, mereka tak sekedar membuat iklan, tetapi
mengerahkan semaksimal mungkin ide dan kreativitas mereka sehingga iklan yang
dihasilkan tak sekedar promosi persuasif, tapi juga bernilai inspiratif bagi
penontonnya. Iklan tak lagi menjadi selingan acara yang menjemukan, tapi juga
dapat menggugah. Saya bisa pastikan dengan kualitas iklan yang baik tersebut tentu
pembuatannya tidaklah mudah, dari mulai ide pemilihan kata-kata sebagai tagline-nya dan lirik dalam jingle-nya, pengambilan gambar dan suara
hingga eksekusi ide menjadi satu kesatuan video utuh yang menggugah.
Hal
yang bisa dimengerti jika muncul penghargaan-penghargaan semacam Citra Pariwara
dan yang tebaru adalah MNC Bright Awards Indonesia 2016 yang ditujukan untuk
mengapresiasi karya periklanan TV di Indonesia. Citra Pariwara merupakan
penghargaan yang pemenangnya dinilai oleh para juri yang sudah teruji dan
kompeten di dunia periklanan dan bidang terkait lainnya. Aspek penilaiannya pun
cukup komplek, meliputi orisinalitas ide cerita hingga teknis pembuatan.
Sedangkan MNC Bright Awards Indonesia 2016 adalah penghargaan yang pemenangnya
ditentukan berdasarkan survei pemirsa dan polling pemirsa melalui SMS dan media
sosial (iklan terfavorit). Metodologi yang dilakukan dalam survei tersebut
adalah face to face interview yang
melibatkan 1.700 responden di 47 kota besar dan kecil yang tersebar di 17
provinsi. Responden yang disurvei berada di kisaran umur antara 12-55 tahun
yang aktif menonton televisi dalam satu bulan terakhir, setiap hari dalam 7
hari terakhir. Jawaban responden diverifikasi berdasarkan periode tayang iklan
pada bulan Januari Hingga Desember 2015. Dengan perbedaan metodologi yang
digunakan dalam menentukan pemenangnya, Kanti Mirdiarti selaku Managing
Director RCTI, di konferensi pers, Kamis (04/02/2016) mengatakan bahwa
keberadaan MNC Bright Awards Indonesia bersifat sebagai komplementer, bukan
sebagai kompetitor Citra Pariwara.
Nah,
bagaimana dengan Anda? Iklan manakah yang menurut Anda patut mendapat
apresiasi?
~Wenny
Pangestuti~
3 comments :
hemm oreo open up yang mana yaa
mungkin karena aku nyaris nggak pernah nonton tv lagi wen :D
Iklannya masih sering tayang kok di TV :)
hallo? sibuk yaa?
lama nggak update :)
Post a Comment