March 18, 2016

Apresiasi untuk Iklan TV yang Kreatif


Di saat Anda seru-serunya menonton program TV favorit, tiba-tiba terpotong oleh iklan. Bagaimana perasaan Anda? Mungkin ada yang sebel, atau bahkan mungkin biasa saja. Keberadaan iklan TV adakalanya membuat penonton sebal apalagi durasi iklan-nya cukup lama. Rasanya berjam-jam di depan layar TV hanya mantengin sederatan iklan yang berulang-ulang. Membuang-buang waktu produktif yang ada gak sih?

Tetapi, pernahkah terlintas dalam diri Anda sesekali tertarik dengan tayangan iklan? Ya, ada iklan yang mungkin pernah menarik minat Anda, bukan lantaran kita memang membutuhkan produk yang ditawarkan, bukan juga karena model artisnya yang menawan, melainkan karena persembahan iklannya yang wow. Pernah? Saya pernah. Belakangan hari saya terkesan dengan beberapa iklan yang menurut saya kreatif dan inspiratif.


Pertama, iklan S26 Procal Gold Multiexcel, susu formula untuk anak. Saya terkesan dengan iklan ini karena kata-katanya. Amat inspiratif! Beginilah cuplikan kata-katanya:

Beda anak beda pintar
Dukung proses belajarnya
Dan berikan nutrisi terbaik
Mereka bisa menjadi yang terbaik
Apa pun kemampuan belajarnya
Jadikan pintarnya bersinar

Menurut saya, kata-kata tersebut benar sekali. Kata-kata tersebut memberi inspirasi yang menggugah kepada para orangtua untuk memahami bahwa setiapa anak punyak keunikan, kespesialan masing-masing. Mereka mempunyai kecerdasan unggulnya masing-masing. Sebagai orang tua, yang harus dilakukan adalah mendukung selalu proses belajarnya untuk membimbing mereka menjadi yang terbaik apapun kemampuan belajarnya. Mereka mempunyai hak bersinar dengan prestasi mereka masing-masing. Kekuatan kata dalam iklan tersebut didukung kuat dengan tampilan gambar per gambar. Ada anak yang mempunyai kecerdasan Body Smart, ada anak yang mempunyai kecerdasan Number Smart, dan ada anak yang mempunyai kecerdasan Music Smart. Semua itu tidak bisa disama-ratakan, tetapi dimaknai dengan keunggulan masing-masing anak yang patut untuk didukung oleh para orang tua. Sungguh tampilan iklan yang cerdas, bukan? Tidak sekedar promosi persuasif, tetapi inspiratif!


Kedua, iklan Open Up with Oreo versi Selancar Penuh Imajinasi.  Sebelumnya saya juga suka dengan iklan Oreo yang menampilakan animasi yang kesannya memang pas untuk anak-anak. Dan kali ini, penampilan kartunnya juga kesan anak-anaknya mengena. Hal ini bisa dipahami bahwa target konsumen terbesar Oreo adalah anak-anak sehingga pemilihan gambar iklan berupa kartun sangatlah mengena. Hal yang paling menarik adalah kata-kata yang digunakan dalam jingle-nya. Inspiratif untuk anak-anak. Berikut cuplikan kata-katanya:
Ingatkah kita saat kecil dulu
Tak pernah berhenti selalu bemimpi
Everybody let’s go, Oreo!
Open up with oreo
Tunjukkan ke semua luasnya imajinasi
Kita terlahir ‘ntuk lihat indahnya dunia
Open up, Open up with Oreo
Melihat tampilan gambar pertama dari iklan ini, kita akan semakin memahami makna lagu iklan ini. Memang benar ya, saat kecil anak-anak punya banyak imajinasi yang mereka tunjukkan dengan bagaimana mereka bermain, atau apa yang sering mereka mainkan. Bahkan kita bisa tahu sendiri bagaimana cepatnya anak-anak mengingat lalu menirukan apapun yang pernah mereka lihat atau dengar. Hal itu bisa saya rasakan saat saya kecil dulu seperti itu dan juga apa yang saya perhatikan pada anak-anak di sekitar saya ketika mereka bermain, baik sendiri maupun bersama teman-temannya. Sebagai contoh, saya dulu suka bermain bongkar pasang, boneka-bonekaan dari kertas. Saya sering memainkan cerita yang setiap kali bermain di hari berbeda, ide ceritanya juga akan berbeda, karakter tokoh yang saya gunakan juga berbeda. Kalau melihat sekarang, saya sering melihat anak-anak tidak bisa diam dan tak kenal lelah bermain apa saja di luar rumah, seperti bermain jual-jualan rujak dengan tanah bercampur air sebagai bumbunya, dedaunan sebagai sayur-sayurannya. Atau mereka membuat ubi bakar dengan memanfaatkan daun-daun pohon mangga yang gugur dan kering. Ada-ada saja pokoknya permainan mereka. Mereka bereksplorasi dengan rasa ingin tahunya melalui mencoba. Menjelajah setiap imajinasi yang melintas dalam benak mereka. Open up! Mari kita buka luasnya imajinasi! Namun, seiring berjalannya waktu, imajinasi kreatif mereka teralihkan dengan membudayanya gadget di tangan mereka. Mereka tak lagi sering bermain, berkumpul bersama, melainkan asyik dengan media sosial. Tak lagi peka merespon orang di dekat mereka secara nyata, melainkan asyik merespon apa yang terjadi di dunia maya. Benar-benar iklan yang mengena untuk dunia anak-anak, kan?


Ketiga, iklan Beasiswa Djarum Bulutangkis 2016, Bakti Pada Negeri. Saya terkesan dengan alunan dan lirik lagunya. Menggugah banget! Berikut cuplikan lirik lagunya:
Di sini rumah kita
Yang terindah di dunia
Tanah para juara
Negeri Indonesia
Wujudkan cita-cita
Dengan janji aku bertekad selamanya
Kita adalah sayap-sayap Sang Garuda
Di atas samudra di langit khatulistiwa
Gantungkan namamu sampi ke ujung dunia
Ceritakan semua hebatnya pada mereka
Ini Indonesia
Negeri yang kucinta
Serukan namanya di langit dunia
Akan jauh greget kalau kita mendengar langsung lagunya. Tiada kata lagi selain kata WOW untuk iklan ini! Apalagi aku suka pengambilan gambar ekspresi semangat menggebu salah seorang anak dalam iklan tersebut. Ini dia:


Siapa pun yang berada di balik layar pembuatan iklan-iklan tersebut di atas patut diapresiasi dan diacungi jempol. Menurut saya, mereka tak sekedar membuat iklan, tetapi mengerahkan semaksimal mungkin ide dan kreativitas mereka sehingga iklan yang dihasilkan tak sekedar promosi persuasif, tapi juga bernilai inspiratif bagi penontonnya. Iklan tak lagi menjadi selingan acara yang menjemukan, tapi juga dapat menggugah. Saya bisa pastikan dengan kualitas iklan yang baik tersebut tentu pembuatannya tidaklah mudah, dari mulai ide pemilihan kata-kata sebagai tagline-nya dan lirik dalam jingle-nya, pengambilan gambar dan suara hingga eksekusi ide menjadi satu kesatuan video utuh yang menggugah. 

Hal yang bisa dimengerti jika muncul penghargaan-penghargaan semacam Citra Pariwara dan yang tebaru adalah MNC Bright Awards Indonesia 2016 yang ditujukan untuk mengapresiasi karya periklanan TV di Indonesia. Citra Pariwara merupakan penghargaan yang pemenangnya dinilai oleh para juri yang sudah teruji dan kompeten di dunia periklanan dan bidang terkait lainnya. Aspek penilaiannya pun cukup komplek, meliputi orisinalitas ide cerita hingga teknis pembuatan. Sedangkan MNC Bright Awards Indonesia 2016 adalah penghargaan yang pemenangnya ditentukan berdasarkan survei pemirsa dan polling pemirsa melalui SMS dan media sosial (iklan terfavorit). Metodologi yang dilakukan dalam survei tersebut adalah face to face interview yang melibatkan 1.700 responden di 47 kota besar dan kecil yang tersebar di 17 provinsi. Responden yang disurvei berada di kisaran umur antara 12-55 tahun yang aktif menonton televisi dalam satu bulan terakhir, setiap hari dalam 7 hari terakhir. Jawaban responden diverifikasi berdasarkan periode tayang iklan pada bulan Januari Hingga Desember 2015. Dengan perbedaan metodologi yang digunakan dalam menentukan pemenangnya, Kanti Mirdiarti selaku Managing Director RCTI, di konferensi pers, Kamis (04/02/2016) mengatakan bahwa keberadaan MNC Bright Awards Indonesia bersifat sebagai komplementer, bukan sebagai kompetitor Citra Pariwara.

Nah, bagaimana dengan Anda? Iklan manakah yang menurut Anda patut mendapat apresiasi?


~Wenny Pangestuti~

3 comments :

Ninda said...

hemm oreo open up yang mana yaa
mungkin karena aku nyaris nggak pernah nonton tv lagi wen :D

Wenny Pangestuti said...

Iklannya masih sering tayang kok di TV :)

Ninda said...

hallo? sibuk yaa?
lama nggak update :)