July 02, 2018

[Book_Review] Salihah Mom’s Diary


Menjadi ibu adalah pilihan yang kamu jalani setiap hari demi mendahulukan kebahagiaan dan kebaikan orang lain dibanding dirimu sendiri
-Donna Ball-

Book Information
Judul                : Salihah Mom’s Diary
Penulis             : Dewi Nur Aisyah & MoMMeeID
Penerbit           : Ikon, Jakarta Selatan
Tahun Terbit   : Cetakan 2, Januari 2018
ISBN                 : 978-602-61440-1-0
Genre               : Kumpulan Cerita/ Parenting
Harga               : Rp72.000 (P. Jawa)

Overview
Menjadi ibu berarti kita telah setuju untuk mengambil keputusan mencintai orang lain lebih banyak dibandingkan mencintai diri kita sendiri. Kita belajar untuk berkorban dan mengeja kata ikhlas lebih dalam lagi. Lelahnya kehamilan dan sakitnya melahirkan menjadi konsekuensi yang kita pilih untuk dijalani. Bahkan, risiko nyawa terpisah dari badan ketika melahirkan sanggup kita hadapi. Malam-malam panjang dan waktu tidur rela kita korbankan demi menyusui bayi agar kebutuhannya terpenuhi. Terbangun di malam hari, sedih ketika anak sakit, hingga bangun lebih pagi juga siap untuk dilalui. Tidak hanya sampai di situ, dengan menjadi ibu, kita pun tumbuh lebih dewasa dalam menghargai dan mengatur waktu. Mengiringi pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi sesuatu yang begitu indah di dalam kalbu.

Ada ibu yang terkejut saat anaknya justru menjelma menjadi ‘guru’ untuknya. Ada pula yang takjub menyaksikan doa dan teladan yang ia curahkan untuk sang anak benar-benar terwujud dalam tingkah laku buah hati. Ada ibu yang diuji dengan anak yang lahir dalam keadaan yang tidak menyenangkan. Ada yang ingin menunda momongan, lalu Allah justru anugerahkan keturunan dengan cepat. Ada juga ibu yang harus berjuang keras melawan baby blues. Dan, ada yang bergulat dengan gigih untuk dapat menempuh pendidikan tinggi sekaligus membesarkan buah hati.

Di lembaran-lembaran buku ini terekam jejak-jejak para ibu yang gigih dan mampu menolak untuk menyerah. Para ibu yang melintasi banyak tantangan, berdamai dengan kondisi ekonomi, anak, dan suami. Lembaran-lembaran yang menjadi sarana untuk berbagi dan saling menguatkan.


My Review
Sebagaimana kata ‘diary’ dalam judulnya, buku ini memuat catatan-catatan para ibu mengenai pengalaman mereka tentang kehamilan, proses melahirkan hingga serba-serbi cerita pasca melahirkan seperti tentang menyusui, mendidik anak, hingga cara mengelola emosi ibu dengan beragam kesibukannya mengurus rumah tangga. Ada 16 ibu yang berkontribusi dalam buku ini, yang kesemuanya tergabung dalam komunitas MoMMeeID.

Apa sih MoMMeeID?
Seperti namanya, MoMMee (Mother and Muslimah Meet Up) merupakan tempat bertemunya ibu maupun muslimah calon ibu untuk bergabung, saling berbagi dan menguatkan dalam menjalani status dan perannya di mana pun. Aktivitas MoMMeeID di dunia maya dapat diakses di web mommee.org dan jejaring social instagram @mommeeid.

Buku ini didesain dengan cukup menarik. Di dalamnya didominasi warna hitam, putih, dan hijau tosca. Di beberapa lembarannya tersaji kutipan-kutipan menarik, baik dari segi isi maupun tampilan layout-nya. Beberapa kalimat yang menekankan poin penting dan mengena dari penulisnya di-bold dengan warna hijau tosca sehingga membaca buku ini terkesan tidak membosankan. Ukurannya yang juga handy menjadikan buku ini layak untuk dibaca para ibu maupun calon ibu. ^_^





~Wenny Pangestuti~

No comments :