December 18, 2014

Belajar dan Mengajar


Belajar saja belum cukup tanpa mengajarkan apa yang diajarkan
Mengajar pun tidak sempurna jika tanpa belajar terlebih dahulu apa yang akan diajarkan

Ketika aku mengajar murid-muridku di kelas VIII-F, aku berpikir keras bagaimana cara membuat anak-anak paham dengan apa yang kuajarkan. Seringkali kudapati mereka salah menangkap maksud yang kuharapkan. Padahal niatku tulus benar-benar ingin dapat memotivasi anak-anak dalam belajar. Namun, mereka tak segera jua menyadari akan maksudku ini...
Lalu akan berbeda halnya ketika aku belajar dan aku baru menyadari akan hal ini, sore tadi tepatnya... Selama ini aku lebih meninggikan egoku dan berprasangka buruk pada niat tulus dosenku, guruku... Keadaanku sebagai mahasiswa, sebagai murid tak lebih baik dari murid-muridku. Tidak disiplin, jarang belajar, dan lain sebagainya. Hal yang wajar jika pada akhirnya dosenku marah dan kecewa dengan sikap mahasiswa yang demikian. Apalagi tidak hanya satu dua orang mahasiswa yang melakukan.
Lalu, aku mencoba memahami pikiranku bahwa mengapa aku bisa bersikap demikian sebagai seorang mahasiswa, sebagai seorang murid..sehingga hal yang sama juga terjadi pada murid-muridku. Mengapa...
Ya...aku ingat dengan apa yang telah aku ucapkan tadi kepada murid-muridku. Kesuksesan menggapai hasil yang dicita-citakan..yang diharapkan terletak bagaimana proses kita meraihnya, bagaimana jatuh-bangun kita menggapainya. Lalu dari jatuh demi jatuh yang kita alami, kita mampu BANGKIT. Kesabaran kita-lah untuk menjalani proses itu -proses mendidik murid-murid-. Karena ini hanya masalah waktu. Cepat atau lambat waktu jualah yang akan membuktikan hasil akhirnya akan bagaimana. Hanya masalah waktu, kita bersabar mengamati perubahan setiap perubahan murid kita hingga mereka benar-benar memahami maksud kita sebagai guru. Pasti ada satu dua atau beberapa anak yang akan belajar menyadari niat tulus sang gurunya. Seperti yang terjadi padaku dan dosenku. Aku mulai memahami keinginan tulus sang dosen terhadapku dan teman-temanku.

Selamat Belajar dan Mengajar!


~Shafiyah Hafshah~

15/04/2013
18.55 WIB
Kamar depan an-Nahdhah

No comments :