July 26, 2014

JDA #5: Do Selecting


Sangat penting kita memiliki visi misi dalam menjalani pernikahan. Cita-cinta yang diperjuangkan bersama setelah terucap akad nikah.
Mau nikah itu untuk apa?
Pernikahannya mau dibawa kemana?
Tujuan nikahnya apa?

Cita-cinta ini sebaiknya ditentukan dari visi hidup kita sendiri yang tertulis di proposal hidup.
“Apa pencapaian tertinggi yang mau dicapai selama hidup?”

Bagusnya, menetukan visi hidup ini harus berlandaskan passion, yakni apa yang kita lakukan ini betul-betul menciptakan lelah yang membahagiakan dalam menjalaninya.

Selama masih pranikah, bedahlah dalam-dalam tentang visi-misi pernikahan, bagaimana kehidupan ke depannya, mau tinggal dimana nantinya, mau kerja seperti apa, bolehkan istri bekerja, dan lain-lain.

“Kesepahaman kita dalam memandang aturan agama, keselarasan kita dalam menetapkan visi dan misi berumahtangga, serta kerelaan kita untuk saling memahami satu sama lainnya, perlu dibincangkan sebelum kita benar-benar mengetuk, memasuki bahkan menjalani proses yang akadnya merupakan kegembiraan langit dan bumi itu. Agar aku bisa mendukung langkahmu, agar aku pun mantap melangkah bersamamu, dan agar kau pun merasa bahwa aku memang bisa mendampingimu.”
~Fu untuk Canun~

Kenali Diri ~ Mirroring
Mengenal diri ini bukan hanya untuk keperluan mencari jodoh atau menikah. Mengenal diri kita sendiri adalah sebuah kewajiban diri.

Dengan mengakui kelebihan dan kekurangan diri kita yang SEBENARNYA, setidaknya itu menunjukkan bahwa kita sudah lebih mengenal diri kita sendiri. Hal itu juga akan memudahkan kita menemukan passion, visi hidup serta pasangan hidup yang kita butuhkan seperti apa.

Mengenali diri sendiri bukan hanya untuk “mengetahui, kemudian menerima kekurangan” kita, tapi juga memudahkan kita untuk memperbaiki kekurangan yang masih bisa diikhtiarkan dengan cara-cara yang ahsan. Mengenali diri sendiri bukan juga hanya untuk “mengetahui dan menerima kelebihan” kita, namun juga untuk memudahkan kita dalam mengoptimalkan potensi kelebihan menjadi jauh lebih baik lagi.

Kenali Pasangan ~ Matching 
                   Mengenali masa lalunya
                             Mengenali karakter kepribadiannya
                             Mengenali keluarganya

Kenali Diri & Pasangan ~ Completing
Setelah kita mengenail diri sendiri, mengenali kelebihan dan kekurangan diri, tentu akan lebih mudah bagi kita menentukan jodoh yang sesuai kebutuhan kita. Jodoh seperti apa yang siap berjuang bersama membangun rumah tangga impian kita. Dengan kelebihan dan kekurangan yang sudah kita kenali, kira-kira kriteria jodoh seperti apa yang kita butuhkan secara spesifik untuk mengutuhkan diri kita.

Proposal Nikah
Isinya benar-benar menuangkan bagaimana diri kita dan bagaimana kita memandang konsep pernikahan, kriteria pasangan yang kita harapkan, serta sekilas tentang bagaimana kita akan menjalani pernikahan.


Pernikahan yang Diselimuti Takwa ~ Dihiasi Bahagia ~ Mengantongi Visi Bersama


~Wenny Pangestuti~